Akhlak

Menikmati Kehidupan

Ada secuplik doa menyatakan, Allâhumma matti’na bi asmâ’inâ, wa abshârinâ wa qawwâtinâ fi sabîlik (Ya Allah, anugerahilah kami kenyamanan melalui pendengaran kami, pandangan mata kami, dan semua potensi kami dalam jalan-Mu).

Yang menyenangkan mata adalah pemandangan indah, yang menyenangkan telinga adalah berita baik dalam suara merdu. Yang menyenangkan hidung adalah aroma yang harum, demikian seterusnya masing-masing memiliki kesenangannya yang dimohonkan kepada Allah agar dipenuhi. Nabi Muhammad saw. pun menyebut sekian banyak hal yang menyenangkan beliau dalam kehidupan dunia ini. Pemandangan yang indah, aroma yang harum serta perempuan, yakni pendamping—yang cantik, serasi, dan setia.

Al-Qur’an memerintahkan beliau mengecam yang mengharamkan perhiasan dan juga rezeki yang diciptakan Allah untuk hamba-hamba-Nya. “Semua itu disediakan dalam kehidupan dunia buat yang beriman (dan yang tidak beriman), dan khusus buat yang beriman saja di hari kiamat nanti (QS. al-A’râf [7]: 32).

Allah telah menghiasi bumi dan langit. Semua dipersilakan menikmatinya dalam batas yang dibolehkan Allah. Yang Mahakuasa itu memuji yang melakukan wisata dan menjadikan itu sebagai salah satu sifat terpuji wanita-wanita Muslimah (QS. at-Tahrîm [66]: 5), bahkan yang berwisata—walau sekadar untuk bersenang-senang—diperkenankan mempersingkat shalatnya yang empat rakaat menjadi dua  saja. Ini tentu dengan syarat yang dibahas dalam hukum Islam.

Kehidupan di pentas bumi  ini—dinamai dunia—yang dalam bahasa aslinya berarti dekat dan rendah bahkan hina. Kedekatan dan kerendahan itu adalah jika dibanding dengan pasangannya, yaitu akhirat (QS. at-Taubah [9]: 38).

Kerendahan dan kehinaan itu dapat berubah menjadi ketinggian dan kemuliaan bila penghuninya menghiasinya dengan nilai Ilahi. Tanpa hal tersebut maka dunia hanya menjadi  “seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering lalu menguning dan layu, hancur berantakan” (QS.  al-Hadîd [57]: 20).

Sekali lagi Anda dapat memanfaatkan dan menikmati dunia, asal jangan larut dalam kenikmatannya. Di tempat inilah manusia dicoba dengan berbagai ujian, apa yang diperoleh di sini dari aneka kenikmatan akan kita tinggalkan dengan kematian, atau ia yang meninggalkan kita karena hilang atau binasa. Namun demikian, harus disadari bahwa kita pasti akan ditanyai dari mana dan bagaimana diperoleh kenikmatan itu dan untuk apa, kepada siapa serta seberapa banyak ia digunakan.

Kendati keadaan dunia seperti itu, namun jangan mencercanya, apalagi mengabaikannya, karena dunia—juga—adalah arena kebenaran  bagi yang menyadari hakikatnya, tempat dan jalan  kebahagiaan bagi yang memahaminya. Di sana ditemukan aneka pelajaran bagi yang merenung memperhatikan fenomenanya.

Sejak dahulu—lebih-lebih kini—dunia bergerak dengan cepat. Pasangannya, yakni akhirat, juga dari saat ke saat semakin mendekat. Keduanya memunyai putra putri. Jadilah putra akhirat karena seorang anak selalu ingin melekat bersama ibunya, lebih-lebih pada saat bahaya mencekam. Jangan menjadi putra dunia karena dunia akan binasa sehingga bila Anda menjadi putranya Anda tidak akan menemukan ibu yang merangkul Anda.  Demikian, wa Allâh A’lam.

 ステンレススーパーワゴン スチール金具キャスター 幅750×奥行き450×高さ1200mm 均等耐荷重:200kg【KR-200LSU】
【ポイント2倍】【SALE30】■ 東リ 存在感のある大胆なストライプ柄♪モダンデザインカーペット★ダイニングサイズ 240×330cm★防ダニ 抗菌 防汚 撥水●グッドホープ●安心安全の日本製 ラグ
【ポイント20倍】ミキモク デスク アビーロード ダーク 100x50cm 引出し付 ASDO-10590 RLB 【2梱包】 ダーク
【送料無料/日本製/無垢材】 NADE TV Board 150W ナデ テレビボード 九州産杉 テレビ台 ローボード TV台 TVボード AVラック 杉 無垢 日本製 木製 北欧 完成品 大川家具
【カミーユフォルネ】ミシシッピアリゲータ竹斑 マリーン 時計ベルト
Fanatics Authentic David Ortiz Boston Red Sox Autographed 2008 Upper Deck SP Legendary Cuts #7 Card
胸骨付脊椎骨盤模型(SR-313) ドイツ・3B社製【smtb-s】
スケッチブック用額縁:MRN-B5005-D [F50(910×1167)](マット付-外寸:1063×1320/窓:890×1147)
モダン仏壇 上置き型 あずき 14号漆芸モダン仏壇
パナソニック エコキュート・IH対応 フリースペース付 住宅分電盤 LAN通信型 ブレーカ容量20A リミッタースペース無 主幹容量75A 《スマートコスモ》 BHHF87263T2
E-121 ノンスリップエコマット
アートグリーン 人工観葉植物 光触媒 光の楽園 ウンベラータW1.8(代引き不可)【S1】
【バドミントン シャトル ミズノ】SKYCROSS EX『1箱(10ダース・10本・120球入)』(73JBB400)
トーエイライト ハードル運搬車YZ20 運搬車 G-1711 (Y)
【USA在庫あり】 777367 444-4021C プログレッシブ PROGRESSIVE ショック 硬め 444 FLH/T 13.5インチ クローム
5月誕生石ネックレス 高品質AAAエメラルド 四つ葉のクローバー プラチナ(PT)ネックレス ペンダント 幸せの誕生石を贈ろう!限定販売!国産 日本製/製造オーダー品 約20日間納期【コンビニ受取対応
【チャコット 公式(chacott)】ホームレッスンセットA(2段式)
ヨルダン メンズ エアー Dub ゼロ 12.5 ブラック/Gym レッド/Wolf グレー/ホワイト (海外取寄せ品)
間仕切 アコーデオンカーテン ドア クールモダン(グラスNo.6104/フロストNo.6105)
COSME DECORTE コスメデコルテ AQ ミリオリティ ラグジュリアス コフレ パーフェクト コレクション【2016 コフレ】