Timur dan Barat di Era Globalisasi* – Bagian 2


01 shape Jul

Kini bagaimana kita memulai? Agaknya saya tidak melampaui batas kebenaran jika kita mulai dari yang gampang dan mudah kita lakukan dan yang disepakati baiknya oleh kemanusiaan. Bagi umat Islam, hal ini sejalan dengan tuntunan kitab suci yang menyatakan: Ambil/terimalah yang mudah. Perintahkan yang ma’ruf, yakni yang disepakati kebaikannya oleh masyarakat dan berpalinglah dari orang Jahil (QS. al-A’râf [7]: 199).

Kitab suci al-Qur’an ketika berbicara tentang hubungan baik antara masyarakat manusia uraiannya dimulai dengan sekian banyak kata jangan! Jangan―mengejek siapa pun―secara sembunyi-sembunyi, dengan ucapan, perbuatan atau isyarat. Jangan memanggil dengan gelar-gelar yang dinilai buruk, jangan berprasangka buruk. Jangan mencari-cari kesalahan pihak, jangan juga membicarakan aib orang lain―walau aib itu benar (Baca selengkapnya pada QS. al-Hujurât [49]: 11-12 dan 13).

Karena itu, kata orang-orang bijak: “Jika Anda tidak rela memuji, maka jangan memaki. Jika Anda tidak bersedia memberi, maka jangan ambil hak orang lain. Jika Anda tidak mampu membantu, maka hindarilah menjatuhkan keburukan.” Demikian seterusnya. Sungguh saya bermimpi mendengar suara yang lantang dari Timur―dari umat Islam―yang mengecam sikap bodoh dari orang-orang yang mengatasnamakan Islam, mendengar sebelum mendengarnya dari pihak Barat. Sebaliknya, saya pun ingin mendengar suara yang lantang dari Barat mengecam putra-putrinya yang menghina kepercayaan atau melakukan standar ganda sebelum mendengarnya dari Timur. Kalau ini dapat kita lakukan, maka akan terasa oleh kedua belah pihak adanya hubungan rasa antara Timur dan Barat sebelum adanya hubungan dan kesamaan ide. Memang, pada mulanya adalah ruh.

Demikian, wa Allâh A’lam.

*Uraian ini asalnya adalah makalah yang penulis sampaikan pada Konferensi Internasional tentang “East and West: Dialogue between Civilizations? Timur dan Barat Menuju Dialog Peradaban” yang diselenggarakan oleh Comunità Sant’Egidio Florence, Italia, bekerja sama dengan Majelis al-Hukama al-Muslimin pada tanggal 8-9 Juni 2015.

Pages: 1 2 3 4


Leave Comment

0 Comments

Leave Reply

You must be logged in to post a comment.

Leave a Reply

Copyrights 2015 | Elha Omni Media