Menyikapi Radikalisme di Konferensi Internasional Al-Azhar Mesir


05 shape Dec

Pada tanggal 3-4 Desember 2014 yang lalu, M. Quraish Shihab berkunjung ke Mesir untuk menghadiri Konferensi Internasional yang membahas fenomena ekstremisme dan terorisme serta pengaruhnya dalam dunia Islam, khususnya dewasa ini.

Konferensi yang diadakan oleh Al-Azhar Kairo, Mesir  ini, dihadiri oleh para ulama dan tokoh dunia Islam. M. Quraish Shihab hadir sebagai salah satu dari dua belas anggota dewan pendiri Majlis Hukamâ al-Muslimîn, yang dipimpin oleh lembaga-lembaga Al-Azhar Mesir, Prof. Dr. Ahmad Thayyeb dan Ulama Besar Mauritania, Syeikh Abdullah Ben Bayah.

KI-Al-Azhar-300x200

Perkumpulan ulama dan tokoh dunia Islam dari berbagai negara, yang bertujuan menghindari segala bentuk kekerasan serta mengutamakan dialog dan menghormati perbedaan pendapat tersebut, didirikan di Abu Dhabi pada bulan Juli lalu.

Pada acara pembukaan, M. Quraish Shihab, yang juga merupakan Direktur Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ) itu mengingatkan bahwa keragaman adalah keniscayaan dalam hidup yang harus disikapi dengan saling menghormati, bukan dengan menghujat yang berujung pada konflik dan konfrontasi. Beliau juga mengatakan bahwa konferensi semacam ini akan bermakna positif bila hasil keputusannya dapat diwujudkan dalam bentuk nyata. [dikutip dari berbagai sumber]


Leave Comment

0 Comments

Leave Reply

You must be logged in to post a comment.

Leave a Reply

Copyrights 2015 | Elha Omni Media